Insan yang tidak cukup ilmu…..

Cetusan Idea….Berkongsi Idea… Amalkan Bersama

Berat Segelas Air

Posted by iorichee on 9 March 2009

Pada saat memberikan kuliah tentang
Management Stress, Stephen Covey
mengangkat segelas air dan bertanya
kepada para siswanya:

“Seberapa berat menurut anda kira-kira
segelas air ini?”

Para siswa menjawab mulai dari 200 gr
sampai 500 gr.

“Ini bukanlah masalah berat mutlaknya,
tapi tergantung berapa lama anda
memegangnya,” kata Covey.

“Jika saya memegangnya selama 1 minit,
tidak ada masalah. Jika saya
memegangnya selama 1 jam, lengan kanan
saya akan sakit. Dan jika saya
memegangnya selama 1 hari penuh,
mungkin anda harus memanggilkan
ambulans untuk saya. Beratnya
sebenarnya sama, tapi semakin lama
saya memegangnya, maka bebannya akan
semakin berat.”

“Jika kita membawa beban kita terus
menerus, lambat laun kita tidak akan
mampu membawanya lagi. Beban itu akan
meningkat beratnya,” lanjut Covey.

“Apa yang harus kita lakukan adalah
meletakkan gelas tersebut, berehat
sejenak sebelum mengangkatnya lagi.”
Kita harus meninggalkan beban kita
secara berkala, agar kita dapat lebih
segar dan mampu membawanya lagi. Jadi
sebelum pulang ke rumah dari pekerjaan
petang ini, tinggalkan beban tersebut.”

“Bukan beban berat yang membuat kita
Stress, tetapi lamanya kita memikul
beban tersebut.” Stephen Covey.

Leave a Reply

 
